Kamis, 22 November 2012

Wisata Kuliner : yuk cari tahu beda Gelato, Es Krim dan Sorbet!

Suatu hari jalan-jalan di MKG, saya juga tepatnya lupa food court ini ada di MKG berapa ya J secara MKG panjang dan mirip2..

wah gimana ga ngiler outletnya lucu banget nih :)

dan ditulis bahwa ini rendah lemak :D woww

Di bagian paling atas yang terdapat food court, di situ ada sebuah counter es krim yang menarik.. karena siang itu saya menemani teman2 saya makan dan saya sudah makan, jadinya saya cari2 cemilan aja..
Pas lagi cari cemilan pas banget kita duduk dekat counter es krim ini.. Namanya Stickhouse.. kenapa Stickhouse ini menarik? Pertama karena outletnya lucu.. dan kedua karena ada tulisannya bahwa es krim ini sehat lho… alias ga bikin gemuk.. nah langsung deh pengen coba :D

banyak pilihan topping juga lho

dan awalnya kita diminta memilih stick nya dulu mau basic dan lapisan yang mana


Di sini pilihan es krimnya banyak.. ada yang rasa coklat, coklat dengan kacang, orange, dll sampai ga hafal tapi menarik semua karena warnanya lucu-lucu!!! Akhirnya saya mencoba yang baltik dengan kacang.. mmhhh good looking nih tampak lezatos ;) taburan kacangnya pun beragam lho..
O ya es krim ini bukan es krim biasa tapi adalah Gelato, pasti pecinta es krim pernah dengar kana tau pernah baca liputan es krim Gelatissimo strawberry yang uenak banget (baca di sini).
Untuk mengetahui apa perbedaan es krim, gelato dan ada juga yang disebut dengan sorbet, saya sajikan artikel dari eatjogja.com berikut ini :
 
Gelato
Gelato berasal dari bahasa italia congelati yang artinya beku, tapi banyak yang beranggapan bahwa Gelato ini berasal dari kata gelatin (lemak), Gelato dibuat dari susu, bukan krim, air, gula dan buah-buahan segar. Ketika dikocok, susu tidak mengembang seperti halnya krim. Alat pengocoknya pun berputar lebih lambat, sehingga lebih sedikit gelembung udara yang terbentuk. Perbedaan bahan itu mempengaruhi hasil akhirnya.
Gelato merupakan es krim buatan rumahan khas dari italia, karena dia tidak bisa tahan lama, mungkin bisa dibilang hanya kisaran hari, dan tidak seperti es krim yang bisa tahan hingga berbulan-bulan. So, gelato harus disajikan segar. Gelato biasanya mempunyai tekstur lebih padat dan mulus dibandingkan dengan es krim biasa, maka dari itu terasa sangat mengenyangkan. Oh iya satu lagi, gelato mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan es krim, berkisar antara 7 – 8 persen saja. Gelato berkualitas tinggi kandungan lemaknya hanya 1-3 persen saja.
Jadi jangan kuatir takut gemuk karena makan gelato. Kandungan kalori dalam satu cup Gelato setara dengan satu buah pisang atau segelas besar susu. Gelato juga tidak terasa tajam di lidah. Karena suhu dalam masa pendinginanya tidak serendah es krim, rata-rata hanya berkisar minus 10-15 derajat celcius saja.
 
Es krim
Es krim dibuat dari krim atau kepala susu – bukan susu murni, bukan susu bubuk, bukan condensed milk. Selain krim, bahan utamanya adalah telur dan buah atau cita rasa lain. Bahan-bahan itu dikocok sampai mengembang. Artinya, dimasukkan udara atau angin ke dalamnya. Jadi, setiap liter bahan es krim yang siap dibekukan itu setengahnya adalah gelembung udara atau angin. Es krim berkualitas premium mengandung lebih sedikit gelembung udara. Inilah yang membedakan es krim dan gelato, karena di dalam gelato gelembung udaranya lebih sedikit. Es krim yang kita kenal biasanya terasa lebih menusuk di lidah, ini karena proses pendinginannya jauh lebih rendah dari pada gelato yaitu 18-20 derajat celcius. Ini dia yang membuat es krim lebih cepat mencair daripada gelato. Kadar lemak es krim juga jauh lebih tinggi daripada gelato, antara 13-17 persen.
Es krim bisa tahan lebih lama daripada gelato, sebab, biasanya es krim di produksi masal oleh pabrik-pabrik berskala besar. Sebagai perbandingan, misalnya es krim rasa Hazelnut atau Tiramizu jauh lebih rendah daripada gelato. Es krim biasa mengandung lemak lebih dari 10 persen, karena mengandung susu, kuning telur, dan krim yang mengandung bahan pengawet. Jadi kalo es krim meleleh akan tampak seperti whipped cream..

Sorbet
Sorbet/Sorbetto adalah sejenis Gelato yang dibuat tanpa susu maupun krim. Sorbet dibuat hanya dari buah dan air. Sorbetto Italia biasanya lebih smooth dibanding sorbet biasa, karena lebih banyak kandungan buahnya dan sedikit air, sehingga kristal air yang beku tidak terasa tajam di lidah. Sorbet terkenal karena rasa buah yang dihasilkan lebih terasa di lidah daripada gelato dan es krim. Kalau mau dibuat gampangnya, sorbet ini sebenarnya gelato tapi tanpa susu maupun krim, dan lebih menonjolkan rasa dari buah-buahan.
 ---------------------------------------------
Nah… jadi tau kan beda-bedanya! Dan jadi tau kan kenapa si Stickhouse ini sehat dan ga perlu takut gemuk? Yup! Karena ini adalah gelato! Bukan ice cream!

wow menarik banget nih :) baltik nya donkk

 kemasannya juga lucu yah :)

Tapi bagaimana dengan rasanya? Saya juga ga tau précis apa perbedaan dengan gelato lain yang saya makan, yang jelas di Stickhouse ini saya kurang suka.. yang jelas masih lebih enak dengan beberapa gelato lain yang pernah saya coba di antaranya yang di Gelatissimo.. makanya saya mencari lebih detil tentang perbedaan es krim dan gelato.. jangan2 gelato memang punya rasa yang lebih tidak enak, tapi ternyata nga juga tuh.. 

Salah satu tempat yang bikin ngiler untuk makan gelato adalah di Pisa Café… di sana juga gelatonya tetap nikmat senikmat rasa es krim lho J


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com