Rabu, 12 September 2012

Wisata Kuliner : Liputan Masakan Chef Patrick Farjas -Master Chef dari Perancis! Wahhh mantappp :)

Wisata Kuliner Jajanan Info Kuliner Bandung Lengkap Ceritaperut
Berita gembira! Beberapa hari lalu Ceritaperut diundang Hotel Century Park, Senayan untuk ketemuan langsung dengan Master Chef Patrick Farjas, seorang Maître Cuisinier de France!! alias Master Chef dari Perancis! Wah... ngeces2 banget kan tuh :) Langsung deh contributor Ceritaperut @umenumen langsung menuju TKP.. simak liputannya di bawah ini ;)

------------------------------------------------------------------

Jumat malam tanggal 7 September lalu saya diminta datang, meliput sekaligus ketemu dengan Master Chef dari Perancis di Hotel Century Park. Tanpa berkata-kata lain, saya langsung menjawab, “MAU!!”
Bayangkan…saya akan bertemu Master Chef Patrick Farjas, seorang Maître Cuisinier de France!! Maître Cuisinier de France (Master Chef dari Perancis) sendiri adalah titel bergengsi yang ingin dimiliki oleh banyak koki, karena tidak semua koki bisa menjadi Cuisinier Maître. Acara digelar hari Sabtu 8 September 2012 lalu pada jam 11:30 siang di Hotel @atletcentury Park, Senayan.
Sambil mencicipi welcome drink berupa Coffee Jelly yang dingin dan lembut itu, kami mendengar sedikit cerita tentang Master Chef Patrick Farjas. Ia memiliki obsesi menjadi seorang koki dari masih kecil. Ya walaupun sempat ditentang oleh keluarga, ia membuktikan kalau menjadi seorang koki adalah jalan hidupnya dalam berkarir yang sebenarnya. Pengalamannya bertahun-tahun menjadi koki juga telah membawanya menjadi Executive Chef Plumed Horse di Saratoga – Bay Area & Olympic Club Lakeside, San Francisco.


Terus kapan makannya deh, Men?
Eiiitttsss…tak lama menunggu para pelayan masuk membawa hidangan pembuka yaitu salad. Dilihat dari presentasinya yang sederhana mungkin orang akan melihat dengan tidak tertarik. Tapi ketika salad itu masuk mulut, nyeeesss…rasa segar muncul di lidah. Rasa asam yang sedikit kuat dan aroma bawang–yang menurut saya–ringan sangat cocok dengan kesegaran dari sayuran yang tersaji. Dan sebagaimana salad yang baik adalah tidak adanya tanah yang tertinggal di pangkal bawah selada, salad ini sempurna di mata saya. Hehe…


 


Crispy Skin Cajun style Tasmanian Salmon with Tropical Salsa… Apa tuh, Men?
Ngiler ngeliatnya? Huihihi… Menu utama ini saya beri nilai 8!


 
Salmon yang dimasak garing bagian luarnya dan dengan menyesuaikan tingkatan pedas ini memiliki tekstur lembut di dalam. Jika saja ikan ini dimasak terlalu matang, bisa saja rasa juicy-nya hilang. Tapi ketika saya memakannya, rasa segar salmon itu justru mendominasi. Yang menjadi nilai tambah dari hidangan ini adalah adanya after-taste (yang saya sendiri kesulitan menemukan dari mana rasa itu berasal) yang masih bisa saya rasakan selama beberapa menit di mulut. Mungkin kalian akan merasa saya lebay alias berlebihan menuliskan ini, tapi begitulah adanya yang saya rasakan di lidah. :)
Soal Tropical Salsa saya mendapati rasa yang eksotis mulai dari mangga, nanas, lemon, paprika, bawang dan sentuhan pedas cabai. Hmmm…untuk yang ini cukup mudah ditiru kok, bahkan Chef Patrick juga bilang ini bisa kita buat secara mudah di rumah.
Untuk penyajian yang ditemani oleh nasi, saya berpendapat mungkin untuk menyesuaikan dengan konsumsi masyarakat Indonesia. Tapi kalau pun harus disajikan dengan kentang memang menurut saya malah kurang cocok. Uniknya lagi, penyajian nasi berbentuk kerucut ini terinspirasi oleh bentuk dari Nasi Tumpeng khas Indonesia. Yups…Chef Patrick Farjas pernah terkesan oleh Nasi Tumpeng saat kunjungannya pertama ke Indonesia.


Nah…tinggal menu penutup nih. Apa menunya, Men?
Chef Patrick bilang, ini cuma Apple Tart biasa. Tapi…dibuat secara khusus hanya untuk acara #SocMedFeast ini saja. Huwowwww!



Rasanya? Duh…saya suka krim putihnya. Lembut dan manisnya pas ketika memakan bersama lapisan atas Apple Tart ini. Apalagi di bagian bawah potongan apel ada keju dengan rasa asin ringan, menjadikannya lezat. Jujur saya katakan presentasinya sungguh biasa saja, tapi soal rasa…..Apple Tart manis ini menjadi penutup yang “manis” di kesempatan istimewa ini. :D
——-
Chef Patrick Farjas bisa ditemui di
Century Park Hotel
Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta 10270
[email protected] | www.atletcentury.com | fb.com/hotelatletcenturypark | twitter.com/atletcentury

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com