Rabu, 02 November 2011

Kuliner Unik warisan puluhan tahun lalu bernama : Selat Solo!

Siang itu saya jadi korban penculikan mas Bagus (follow his twitter @bagusrahmat untuk referensi kuliner juga karena beliau yang adalah dokter juga hobi kulineran selain hobi nge #twitsehat via akun twitter nya @dokterbagus) yang ngajak kuliner-an di siang bolong :D 

Ternyata ga nyesel juga jadi korban penculikan karena dibawa ke tempat kuliner yang unik dan enak :D Jadi tempat ini bernama Salad Solo Ny. King lokasinya di Jl. Gandapura (deket Taman Pramuka Jl. Riau) tepatnya di sebelah tempat cuci mobil.. (sekarang sudah pindah ke JL.MEKAR KENCANA 18 ( kompl. MEKAR WANGI),BDG) Nahh sebenernya kalo ga di bawa sama si mas Bagus pastinya saya ga kenal tempat makan ini, karena baru buka 2 bulan lamanya dan tempatnya pun berupa kedai kecil dengan gerobak di bagian depan halaman rumah. 

Pasangan suami istri pemiliknya yang jaga langsung dan "meracik" makanan yang mereka jual, dan mereka juga tinggal di sana.. jadi tempat makannya di teras mereka..

Nahhhh.. yang lebih unik lagi adalah menu nya belum pernah saya temukan di mana-mana.. namanya adalah Salad Solo, nah pasti kebayangnya salad ala Solo kan.. tapi ga juga tuh! :D karena sebenarnya namanya bukan Salad Solo tapi Selat Solo.. dan makanan bernama Selat Solo ini adalah resep yang sudah lama sekali ada di tanah Jawa khususnya di daerah Solo, Magelang, Klaten dan sekitarnya.. 

lokasinya di Jl. Gandapura (seberang soto kudus)

masih dibuat original sama yang mewariskan resepnya :)

Sebelum saya coba langsung, mas Bagus ud cerita panjang lebar soal si Selat Solo ini.. jadi kenapa beliau bisa cinta banget sama makanan ini adalah karena dulu 1-1nya orang yang pernah masakin buat beliau adalah neneknya dan hanya di saat Lebaran saja, jadi kebayang kan betapa ditunggu-tunggu nya menu ini.. dan surprising-ly akhirnya beliau menemukannya kembali di sebuah kedai kecil di Bandung pula! :D jadi kebayang donk betapa dia happy berat dan ngajakin semua orang untuk nyoba :D :D

Dan pas ngobrol dengan pemilik nya (Anie Kristina, anak Unpar lhooo :) :) seniorrr nihhh!! :D :D) juga ternyata memang resep ini adalah warisan dari keluarganya dan belum ada di Bandung. Masakan ini termasuk masakan yang kategori persiapannya cukup lama, karena cukup detil sekali (ada kentang yang hrus digoreng dulu), ada timun yang harus di parut dulu, daging di rebus dulu, kuah di bumbui dulu, dst.. jadi persiapannya mayan panjang lahhh... dan yang paling berkesan buat saya adalah ketika mas Bagus mempromosikan bahwa pasangan suami istri ini "punya passion" dalam "meracik" nya (istilah meracik memang digunakan dalam mempersiapkan si Selat Solo ini, karena memang seperti bikin gado-gado atau salad, semua bahan dimasukan lalu disiram kuahnya). Dan benar saja pas mencicipi terjawab lah yang dimaskud dengan si "passion" itu :)

ini dia makanan yang bernama Selat Solo

Istimewanya lagi makanan yang mereka jual tidak ada yang memakai penyedap rasa, jadi makin terkagum-kagumlah saya si kuahnya bisa terasa sangat sedap sekali dan original dari bumbu alami :D

Wahhh tapi bener2 experience sih pas coba, karena belum pernah nemu yang seperti ini dan pas mau mendeskripsikannya juga bingung :D jadi si sayur mayur ini dicampur jadi satu, ada wortel, kol, tomat, kemudian yang paling spesialnya adalah ada daging sapi rebus :) mmhhh... kalo beberapa kenalan orang Jawa nyebutnya mirip bistik.. ada keripik kentangnya yang garing dan enak, dan disiram kuah. Kuahnya terasa sedikit manis, dan "titik" pelengkap nya adalah di potongan cabe merah dan bawang mentahnya.. wiiii unik banget kan :D senang rasanya masih dikasih kesempatan mencoba kuliner yang bersejarah ini :)

Jadi ceritanya kenapa si empunya memberi nama tempatnya adalah Salad Solo, agar orang Bandung ga bingung, kalo Selat Solo uda pasti orang Bandung bingung banget kann :D tapi minimal kalo kata "Salad" orang akan berasumsi oh Salad yang dari Solo :) tapi sebenarnya nama makanannya adalah Selat Solo!

Di sini selain ada Selat Solo yang unik ini juga ada Gado-Gado.. gado-gadonya pun khas Jawa, dengan kol mentah dan ada potongan bawang merah mentahnya.. gado-gadonya juga enak, bumbu kacangnya halus dan walau tidak menggunakan banyak kecap rasanya pas!

gado-gado nya juga unik :)

wahh.. kebetulan banget karena sedang nyari referensi tempat makan sehat akhirnya dipertemukan deh.. recommended untuk dicoba :)
Oya ini kalo ada yang mau delivery or nanya-nanya bisa hubungi no telp yang jualnya : 
08122358465 / 082129178131

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com