Kamis, 06 Oktober 2011

KEDELAI ITU MENYENANGKAN DAN UNIK #JapanTrip

Masih inget donk salah satu Contributor Ceritaperut berhasil memenangkan tantangan Healthylicious 2 dari Soyjoy yang berhadiah jalan-jalan ke Jepang.. Dan semua itu berkat dukungan dari semua pembaca Ceritaperut :)

Makanya oleh2 nya adalah berbagai liputan wisata kuliner dari Jepang semua dengan hashtag #JapanTrip !! Selamat menikmati :) :)

______________________________________________________________


Pada awalnya mendengar hadiah untuk pemenang SOYJOY Healthylicious 2 adalah pergi ke Osaka, membuat saya sangat bersemangat untuk mengikutinya, terlebih lagi salah satu persayaratannya selain ngeblog, kita juga harus hidup sehat.

Setelah memenangkan kompetisi SOYJOY Healthylicious 2 ini, tiba saat nya Trip to Osaka, ternyata tidak disangka-sangka yang kami kunjungi adalah 3 kota sekaligus, yaitu: Tokushima, Osaka dan Kyoto. Wah, sebuah kesempatan yang bukan hanya membuat saya bukan hanya senang, tapi sangat amaze dengan kebiasaan, habit, dan tradisi para masyarakat Jepang.
Jika boleh bercerita, Jepang memiliki banyak sekali hal yang bisa di cermati, juga banyak yang membuat saya terinspirasi, agar lebih mudah akan saya bagi menjadi 2 bagian besar: kuliner dan habit. 

Saat ini saya hanya akan membahas mengenai makana dan minuman dulu. Kebiasaan mengkonsumsi kedelai rupanya sangat umum dilakukan oleh orang Jepang. Jika di Indonesia kedelai biasa dikonsumsi hanya dengan maksimal 4 buah olahan saja, seperti: tempe, tahu, susu kedelai, dan kecap. Lain halnya di Jepang, makanan dan minuman yang memiliki bahan dasar kedelai sangat beragam, seperti:




Natto:
Sebenarnya natto ini adalah kedelai yang di fermentasi, cara memakan nya juga cukup unik dimana, si kedelai yg sdh di fermentasi tsb dicampur dengan 2 bahan (2 mangkuk kecil yg di dalam gambar), kemudian diaduk sampai sedikit berbusa, baru kemudian dimakan

Susu kedelai dalam kemasan:
Sebenarnya tidak ada yang istimewa jika melihat susu kedelai dalam kemasan ini, karena di Indonesia sudah cukup banyak minuman susu kedelai dalam kemasan seperti ini, tapi setelah mencoba nya, saya kira susu kedelai ini sangat berbeda rasanya disbanding susu kedelai yang ada di Indonesia, rasa nya lebih mirip susu murni dan juga tidak manis, jadi mungkin kandungan gula nya sangat sedikit.

Sup berbahan dasar kedelai


  
Kembang Tahu Jepang:
Makanan jenis ini memang sudah umum dikenal di Indonesia, tapi ketika menikmatinya di Jepang ada experience unik, bukan hanya penyajiannya saja tapi juga “bumbu” nya

Sashimi Kulit tahu



Makanan berbahan dasar kedelai | Sate tahu miso

Selain makanan dan minuman olahan kedelain, banyak juga makanan dan minuman yang lainnya, seperti:



Mix Vegetable yang dipanggang


Telur setangah matang yg disajikan dengan suhu dingin | Mini appetizer: jamur dan sayur, tapi jangan  buru-buru berpersepsi rasanya tidak enak, sebaliknya saya tidak suka sayur apalagi jamur, bisa menyanpat habis mini appetizer ini (kanan)


Shiosaiso appetizer


Yasainoshenshi Red: minuman ini berisi 8 jenis sayuran yang di fermentasi, yang juga mengandung Lactobasillus plantarum. Jika bisa disimpulkan, minuman ini memiliki rasa seperti jus tomat, tapi tidak terlalu manis. Buat saya yang tidak terlalu menyukai minuman yang terlalu manis, rasa yang dimiliki minuman ini justru sangat pas dengan selera saya. Oh, ya minuman ini adalah produk dari Otsuka lhoo.. ^ ^

  
Dan tidak ketinggalan SOYJOY Fruit Bar, berbahan dasar kedelai dan buah-buahan fruit bar ini juga tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi bukan hanya rasa nya yang bisa dinikmati, tapi juga secara fungsi sangat praktis, karena bentuk nya yang kecil sehingga bisa di bawa ke mana saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com