Senin, 29 Agustus 2011

Surprisingly Culinary Experience di #BukaBarengBlogger bersama @JunNjan :)


Happy berat waktu diinfo kalau Ceritaperut lolos untuk diundang #BukaBarengBlogger acara yang diselenggarakan oleh Grand Indonesia dalam rangka Ramadhan Rhapsody di bulan Agustus 2011 ini.
Pada awal masa seleksi Ceritaperut diminta untuk mengirimkan link liputan makanan yang pernah dilakukan di Grand Indonesia, untungnya hobi nguliner kemana-mana J jadinya memang udah ada nih liputannya. Ceritaperut mengirimkan liputan tentang Kopitiam dan Mie Laiker, yang memang kedua-duanya ada di Grand Indonesia.

acara Buka Bareng Blogger diawali dengan perkenalan dengan pihak penyelenggara dengan Adhi Putra Tawakal from Grand Indonesia dan Bobby Chandra from Jun Njan

Mas Adhi dari Grand Indonesia menyampaikan berbagai acara seru dalam rangka Ramadhan Rhapsody dari tanggal 6 Agustus - 6 September 2011 mendatang. Dalam rangkaian ini banyak yang seru seperti Fashion Week, Bedug Special Show dan juga undian G-Shopper Rewards. Informasi acara menarik dari GIST disambung dengan perkenalan mengenai Fimela.com oleh Mbak Nuniek Tirta Ardianto selaku Community Manager yang menjelaskan tentang informasi menarik yang ditawarkan dan berbagai kegiatan menarik yang diselenggarakan oleh Fimela.com. Acara dilanjutkan pula dengan penjelasan konsep terbaru yang mengakomodasi penjualan online di Multiply.com oleh Mas Iriel Parmato.

perkenalan dari Mbak Nuniek dari Fimela.com (kiri) dan Mas Iriel Parmato dari Multiply.com (kanan)
Jun Njan berlokasi di lantai 5 area China Town di GIST (kiri) 
suasana Modern China menghiasi outlet Jun Njan di GIST (kanan)

Undangan #BukaBarengBlogger yang diselenggarakan di Jun Njan Seafood Restaurant ini ternyata adalah acara yang ke-3 dari seluruh rangkaian acara #BukaBarengBlogger. 2 kunjungan restoran sebelumnya berlokasi di Tairyo Japanese Restaurant dan Katsusei Delicious Cutlet, keduanya berlokasi di Grand Indonesia Shopping Town (GIST) juga. Dan di kesempatan #BukaBarengBlogger yang terakhir di hari Selasa, 23 Agustus 2011 ini berlokasi di Jun Njan Seafood Restaurant yang berlokasi di West Mall lantai 5 No.11A-B, GIST. Acaranya seru banget, gimana nga? Pas dateng kita uda disambut dengan wall of fame yang menyediakan props lucu-lucu buat foto :) trus kita di foto sama fotografer yang langsung ngeprint-in foto kita!

tampak interior Jun Njan Seafood Restaurant di GIST (klik untuk memperbesar gambar)

 
meja yang sudah dipersiapkan untuk para blogger lengkap dengan menunya :) (kiri)
tajil sebagai makanan berbuka puasa (kanan)

 Selain konsepnya seru, tempat kita buka bareng juga seru.. karena resto Jun Njan ini bukan sesuatu yang baru buat kita-kita kan, karena emang Jun Njan udah terkenal banget dari dulu. Waktu masih kecil, sering ke yang di Batu Ceper terutama kalau emak (panggilan untuk nenek) ulang tahun. Dan udah sejak dulu pula Jun Njan terkenal dengan masakan seafood nya yang enak-enak. Favoritnya dari dulu kalau kesini adalah pesan udang rebus sebagai  makanan pembuka (haha.. padahal itu bukan makanan pembuka yah :D)


Sejarah Jun Njan sendiri unik banget. Usaha pertama mereka berlokasi di Tanjung Priuk pada tahun 1956 yang didirikan oleh founder dari Jun Njan Seafood Resto ini yaitu pasangan suami isteri opa Tjoe Foek Lin dan oma Wong Njan Tjhoei. Dan hingga saat ini Jun Njan sudah masuk ke generasi ketiga, jadi ga perlu diragukan lagi kan gimana dahsyatnya resep rahasia turun temurun mereka J

 Toko mereka yang di Tj. Priuk udah nga ada sekarang. Saat ini outlet tertua mereka adalah di lokasi kedua setelah mereka pindah dari Tj. Priuk yaitu di Batu Ceper, lengkapnya di Jl. Batu Ceper No. 69, Jakarta Pusat. Di sanalah orang-orang banyak mengenal Jun Njan sebelum mereka banyak buka di mal-mal supaya bisa diakses mudah lebih banyak lagi para pecinta seafood J salah satunya ya di Grand Indonesia ini (kapasitas Jun Njan restoran di GIST mencapai 100 orang lho!). Dan senengnya lagi di Bandung juga sudah hadir lho! Yaitu di BSM (Bandung Supermall). Cabang mall-mall lainnya bisa kalian samperin di Gandaria City, MOI Kelapa Gading, Pondok Indah, Pluit, Central Park, Living World, Food Kulture-Urban Kitchen, Eat&Eat MKG5 dan Rasuna Epicentrum. Lebih lengkap bisa cek disini

foto keluarga dan filosofi turun temurun dari keluarga pendiri
sumber : Jun Njan Facebook Page

Yang bikin jatuh cinta lagi dari Jun Njan ini adalah filosofi restoran mereka yang ngena banget. Filosofi restoran mereka diambil dari nama Jun Njan sendiri, di mana Jun (dalam bahasa Cina dibaca Yong) memiliki arti selamanya; dan Njan (dalam bahasa Cina dibaca Yuan) memiliki arti sumber. Jadi maknanya adalah pesan dari pendiri untuk selalu mengingat sumber/dari  mana kita berasal : 
“to always remember our roots and to remember their humble beginnings”

Demo pembuatan Lobster Salad oleh Chef Indra dan Chef Fendi

Ngobrol dengan pengelola Jun Njan saat ini yang adalah generasi ke2 dan ke3 dari pendiri, saat mereka akan mengeluarkan menu baru, mereka selalu mencoba memasaknya terlebih dahulu di rumah dan baru menyempurnakan racikannya di restoran. Sentuhan dari sang ahli waris tetap selalu ada di setiap masakan yang disajikan di sini J so special! Seperti juga menu terbaru mereka yang di-launching saat acara #BukaBarengBlogger ini yaitu Lobster Salad.

Lobster bambu sebagai bahan utama dari Lobster Salad

Yup! That’s right! Our next surprise adalah karena acara #BukaBarengBlogger ini merupakan acara yang juga menghadirkan untuk pertama kalinya menu baru Jun Njan Lobster Salad ini disajikan kepada para tamu.

prosesnya setelah semua di potong2, longan dan lobster diaduk bersama saus mayonaise

Dan secara special pula, Chef Indra dan Chef Fendi mempraktekkan langsung pembuatan Lobster Salad ini di depan kami semua J seru banget kan… ngeliat gimana mengupas lobster segede gaban itu (emang gaban segede apa :D) dan meracik nya dengan bahan lain seperti lettuce, buah longan, saos mayonnaise dan di-finishing dengan taburan wijen! Mantappp!!!!

Taddaaa..... hasil jadi Lobster Salad yang sungguh irresistible :)

segarnya kombinasi lettuce, longan, mayonnaise dan daging lobster yang juicy!

Dan ini adalah pertama kalinya makan Lobster, wah heboh banget, karena dia lebih gede lagi dari udang gola yang pernah dimakan di Menado. Gede banget, dan rasa dagingnya pun wahhhh enak banget J bagi pecinta udang bisa klepek2 deh :D karena rasanya lebih enak dari udang, lebih garing dan lebih juicy! Dan yang jelas lebih gedeeee :D :D yes, it could be the best sea food I’ve ever tasted (maaf ya udang goreng telor asin Pangandaran tergeser posisinya :D).

Untuk lihat demo seru bikin Lobster Salad saksikan video di bawah ini lengkap dengan info manfaat lobster, lettuce dan campuran lainnya buat tubuh kita :)



or watch on youtube : http://bit.ly/n4l8zE
(untuk audio yang maksimal gunakan headphone)

Si saladnya seger banget, karena ada sayur lettuce nya jadi ga eneg (karena pakai saus mayonnaise), di tambah buah longan (sejenis lengkeng tapi import) menjadikan perut yang lapar keroncongan langsung tenang :D

lomba ngupas udang bagi para peserta Buka Bareng

Setelah kita semua terlena dan terbuai dengan daging lobster yang aduhai J kami dikejutkan lagi dengan permainan yang menantang :D yaitu tantangan mengupas udang! Hahaha.. Ngupas udang udah biasa, tapi kalo disuruh cepet-cepet ternyata susah juga ya :D udah gitu harus menahan diri untuk ga langsung “Lep” si udang ke mulut :D akhirnya rekor pengupasan udang dalam waktu 1 menit hanya bisa menghasilkan 6 ekor udang, dan kebanyakan dari kami hanya berhasil mengupas 3-4 udang :D Setelah selesai dikasi tips ternyata mengupas udang cepat hanya terdiri dari 3 langkah mudah : mempotek bagian kepala, lalu mengupas kulit tengah, dan tinggal tarik buntutnya sambil sedikit ditekan! Teori terlihat gampang, prakteknya susah juga :D

udang rebus, salah satu menu favorit di Jun Njan

Akhirnya penderitaan kami dibebaskan dengan aba-aba dari host bahwa kami sudah boleh menikmati si udang-udang rebus yang begitu menggoda J Kenikmatan kami dilanjutkan dengan hadirnya rangkaian main course yang siap disantap. Baik dari penampilannya maupun wanginya menggoda semua J


Braised Sof Tofu with Jun Njan Sauce

Nasi Goreng Seafood (kiri) | Deep Fried Carp with Sour and Sweet Sauce (kanan)


Di mulai dari Nasi Goreng Seafood yang rasanya bercita rasa rempah, dengan rasa pedas yang paling dominan bikin kita semua tambah nafsu makan.. dilanjutkan dengan Black Pepper Beef, sapi lada hitam dengan daging sapinya yang empuk. Restoran yang menyajikan sapi lada hitam memang banyak tapi tidak semua enak, karena sebagian besar daging sapinya keras, tapi di sini empuk sekali J

Rangkaian menu berikutnya adalah Braised Soft Tofu with Jun Njan Sauce. Ini adalah sapo tahu, sapo tahunya juga enak, karena gorengan tofunya sempurna, garing namun tidak hancur. Sapo tahunya sederhana hanya tofu dan potongan jamur. Masakan-masakan di Jun Njan ini memang masakan seafood dengan gaya Chinese (Chinese food), yang menyajikan masakan dengan campuran yang sederhana (biasa hanya 2-3, maksimal 4 campuran saja). Bagi para keturunan Cina, memang ini adalah cara makan yang biasa dilakukan, lauk pauk daging dipisah dengan sayuran, namun dimakan bersama-sama dengan nasi putih. 

Black Pepper Beef

Menu berikutnya yang menarik perhatian adalah Deep Fried Carp with Sweet and Sour Sauce. Ini adalah ikan gurame goreng asam manis. Sama dengan si sapi lada hitam yang banyak ditemukan di tempat lain, Gurame goreng asam manis juga banyak ditemukan di tempat lain, tapi ga semuanya enak.. seperti sudah bisa ditebak si gurame gorengnya juga enak J potongan dagingnya yang sudah dilepas terlebih dahulu digoreng garing dengan sedikit tepung. Wah J tidak amis dan garing, saus asam manis nya juga enak buat dikuahkan ke nasi..

Best menu :) cumi goreng dengan saos khas Jun Njan

Review menu berikutnya adalah yang sempat bikin kami nyaris pingsan :D namanya adalah Fried Squid with Jun Njan Sauce! Yup! Ini adalah cumi goreng dengan saos khas Jun Njan.. wah cumi goreng emang di mana-mana sering nemu. Tapi jarang yang rasanya seperti ini, bahkan ini pertama kalinya makan cumi tapi ga seperti cumi. Pas abis digigit sempet mikir dulu ini cumi bukan yah :D rasanya beda banget, karena empuk sekali, sekali digigit langsung terbelah (ingat kan kalau kita makan cumi kadang susah payah ditarik baru putus), bener-bener unbelievable :D langsung deh samperin tante Afung (sebagai salah satu pengelola) dan nanya ini cuminya yang jenisnya lain atau cara masaknya, karena rasanya sama sekali lain dari cumi pada umumnya. Kata tantenya, memang cara masaknya yang lain sehingga cumi jadi empuk sekali dan menyerap sausnya…. Wahhhh :D :D kalo lagi di komik Born To Cook sih udah  melayang-layang nih :D overall walau belum selesai nih artikel liputannya, tapi Fried Squid ini is the best! J J Super recommended...!

para peserta sibuk motret-motret (kiri) | Fried Prawn with Salted Egg Yolk (kanan)

Oke lanjut-lanjut, jangan ngeces-ngeces dulu yah :D berikutnya udah ga asing lagi, tapi pas dari jauh udah bisa nebakkk wooowww ini adalah udang goreng telor asin (nama menunya Fried Prawn with Salted Egg Yolk). Suatu masakan yang bener-bener menghasilkan wangi yang sedap J bagi yang belum pernah coba sebaiknya coba deh di resto seafood yang menyediakan menu udang goreng telor asin ini. Pertama kali tahu waktu makan di resto seafood di Pangandaran. Wah pas nyoba langsung jatuh cinta J eh disuguhin di Jun Njan.. happy berat deh J udang goreng telor asin di Jun Njan ini gede-gede banget udangnya jadi puas deh hahaha.. paling seneng ngambilin mentega-mentega cairnya yang biasa tersisa di dasar piring nya :D :D enak bangetttt lhooo :D

Fried Chicken With Butter Sauce garing dan taste great :)

Oke-oke ga boleh terbawa suasana yah (walau pas nulis artikel bener-bener jadi keroncongan deh mengenang makanan-makanan itu :D) menu berikutnya adalah (ga selesai-selesai ya.. banyak banget menu yang disuguhin J) Ayam Goreng Saus Mentega. Ayam goreng saus menteganya juga recommended karena daging ayamnya digoreng garing berikut kulit-kulitnya (huhuy J) jadi garing… trus saos kecapnya juga manis asinnya pas. Saran pas makan pake tangan aja biar bisa sekalian ngisepin jari-jari yang terkena saus kecap menteganya :D :D (walau jorok ini tips yang perlu dipertimbangkan lho :D)

teh kobokan yang bisa ngilangin bau seafood di tangan

Dan kalian ga perlu khawatir dengan tangan yang bau, karena Jun Njan udah memikirkannya :) kalau makan di sana kita dikasih kobokan berupa air teh :) karena katanya air teh bisa menetralisir bau di tangan kita terutama dari seafood yang biasanya kuat sekali baunya :) jadi kalo disuguhin teh dalam mangkok jangan minta es batu sama gula ke mbak nya yah :D atau minta refill buat diminum wkkakaka...

dessert Ice Fruity Cream (kiri) | merchandise berupa tumbler berisi foto di wall of fame mereka presented by momentstogo (kanan)

Oke… acara makan sampe khilaf pun terus berlanjut dan di akhir kami disuguhi dessert Ice Fruity Cream yang menetralisir bumbu-bumbu dan rasa-rasa di dalam mulut. Jadi gimana? Udah ngiler-ngiler ngeces-ngeces baca reviewnya sama mantengin fotonya :D :D kalau kalian mau berkunjung ke Jun NJan bisa lihat list alamat lengkapnya di sini atau minimal tau info-info promo dan produk terbaru gabung aja di Facebook or Twitter mereka 


Wow acaranya yang seru sekali dan full of culinary experience J Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, tuan rumah, panitia dan pihak sponsor.. dan udah ditraktir makanpun, pulang masih dikasi oleh-oleh pula sekantong penuh berbagai voucher menarik dari tenant-tenant di Grand Indonesia, foto di tumbler dari momentstogo dan tas unik J Thank You so much buat Grand Indo, Jun Njan, Fimela.com dan Multiply sebagai sponsor dalam acara ini…  Sampai ketemu di acara-acara seru berikutnya J

para peserta berfoto narsis dulu setelah kenyang :)



Keterangan Jun Njan Seafood Restaurant, West Mall lantai 5 No.11A-B
Jam buka : 11.00 - 22.00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com