Rabu, 04 Mei 2011

Spesial kedelai #4 --Kenalan yuk sama si imut nan sehat ini!

Kedelai.. kedelai... sebagin besar dari kita tentunya sudah kenal dan sangat-sangat familiar dengan di imut nan sehat ini. Tapi yang kita kenal biasanya adalah kedelai yang paling umum yang berwarna coklat muda, yang seringkali kita jumpai di tempe.. hmmm... that’s not enough....

Berikut ini saya ingin mengenalkan si imut yang punya banyak khasiat ini dalam berbagai nama dan varian, mareeee.....

Dari jenis nya :
·         Kedelai putih

Jenis kedelai ini adalah kedelai yang paling umum kita jumpai di kehidupan se hari-hari, walaupun nama nya putih, namun seringkali kedelai ini memiliki warna yang agak kekuningan atau agak putih. Kedelai ini bisa dibudidayakan.








·         Kedelai hitam

Sesuai dengan nama nya kedelai ini berwarna hitam. Kedelai hitam mempunyai kandungan protein yang bervariasi antara 37-41 persen, dan juga kandungan lemak 11-21 persen. Kandungan asam mino glutamate pada kedelai hitam sedikit lebih tinggi daripada kedelai kuning, karena itu rasa kedelai hitam lebih gurih dibandingkan kedelai kuning.





·         Edamame

Yang paling unik adalah edamame, yaitu kedelai dengan warna hijau segar, kedelai ini berasal dari Jepang, dan juga sering di konsumsi oleh masyarakat Jepang. Edamame ini merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung semua dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan metabolisme dan kadar energi dan membantu membangun otot dan sel-sel sistem imun. Selain itu, EDAMAME juga mengandung isoflavon, beta karoten dan serat.





Beda tempat, beda pula si imut ini dipanggil!

Di Asia dia sering dipanggil "dagingnya bumi" di Asia, dan unik nya lagi baru setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat memproduksinya. 

Di Madura dia dikenali sebagai kedhele

Di Jawa Barat lain lagi, dia di namakan kacang bulu
Lain Jawa Barat lain pula daeran Jawa, jenenge(jeneng dalam bahasa Jawa berarti Nama)  dekeman
Di Sumatra Barat dia juga dinamain: kacang rimang di Sumatra Barat
Di Ujung Pandang dia dipanggil kadale.

Nah, dengan gini kita dah lebih kenal nih sama si imut ini, tapi untuk mengolah di imut sehat ini tentu saja susah-susah gampang, ada beberapa cara penyajian atau pengolahan yang harus di proses dulu untuk membuat si imut ini nyaman di bawa-bawa atau dimakan di tempat-tempat umum. Nah, untuk pencari kepraktisan, kita tinggal kantongin aja deh SOYJOY Fruit Bar, selain karena praktis SOYJOYFruit bar ini sangat-sangat praktis, bisa dikantongin dan tinggal robek bungkusnya pas kamu laper.
Selamat menikmati ... 



Sumber: 
http://female.kompas.com/read/2010/09/29/2049305/Lebih.Dekat.dengan.Kedelai
http://ksupointer.com/kedelai-hitam-si-hitam-kaya-manfaat-dan-menyehatkan
http://edamameshop.com/?page_id=2

Sumber gambar:
http://www.conectique.com/tips_solution/health/herbs/article.php?article_id=8445
http://www.hanyawanita.com/_health/article.php?article_id=8053
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=383986566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com