Senin, 02 Mei 2011

Spesial kedelai #2 --Isoflavon, tepung kedelai, dan praktis: bisa di combine ga ya?

Kedelai sebenarnya dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, hmmm... kayak nya sebagian besar tempat makan di Indonesia punya deh menu tahu dan tempe, dimana ini jadi salah satu menu favorit buat saya dan temen2 saya. Bagi yang ga terlalu suka sayur dan daging, tahu tempe ini bisa dijadikan makanan alternatif untuk menggantikan asupan isoflavon buat tubuh kita.
Sebenernya apa sih isoflavon itu? Isoflavon merupakan salah satu senyawa nabati disebut fitoestrogen yang memiliki aktivitas seperti estrogen tapi sangat berbeda dengan estrogen manusia. Kata fitoestrogen sendiri berarti estrogen yang berasal dari tanaman. Isoflavon memiliki pengaruh positif dalam kesehatan pria maupun wanita.
Tapiiii.... ternyata kandungan isoflavon pada tahu tempe termasuk kecil, yaitu hanya 30 mg dan 50 mg, sedangkan setiap orang sebenarnya dianjurkan mengasup kedelai 50-90 mg per hari. Wah.. ternyata untuk jadi sehat apakah berarti kita harus menambah jumlah tahu dan tempe yang kita makan? Sebetulnya tidak harus seperti itu juga siiii....
Untuk menambah asupan isoflavon, sebenarnya tidak sulit, kita hanya perlu lebih membisakan diri untuk menerapkan pola makan yang memiliki banyak kandungan kedelai, seperti: kedelai mentah, tepung kedelai, konsentrat protein kedelai, miso, hingga susu kedelai. 
Sebagian besar dari kita juga memiliki kesibukan yang sangat padat, dimana kita sebagai orang yang mobile sulit sekali jika harus mengkonsumsi tempe, tahu ataupun kedelai mentah di sela-sela kesibukan kita, sooo.... saya baru bertemu nih dengan “cemilan” yang singkat, padat, dan bisa dibawa ke mana-mana, dan heii... dia punya kandungan isoflavon juga yang besar, dan dia terbuat dari tepung kedelai dan juga buah-buahan. Nah, buat saya dan teman-teman kantor rasanya tidak berlebihan kalau kita semua emang suka banget sama 1 jenis cemilan yang bernama Soyjoy ini.
Selain “ramping” (baca: kecil, langsing, dan praktis), si Soyjoy ini juga hadir dengan kemasan yang cukup keren, jadi waktu kita ngemil, selain sehat, juga ga bikin kotor atau perantakan, soalnya praktis dan juga “cantik” kemasannya. Sesuai banget dah sama gaya hidup saya yang seneng akan kepraktisan.
Oh, ya kebiasaan mengkonsumsi kedelai memiliki banyak input positif untuk tubuh kita juga lhooo, seperti:
·        Mencegah kanker payudara
·        Mencegah kanker prostat
·        Mencegah kanker ovarium
·        Menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), serta menaikkan HDL (kolesterol baik)
·        Menurunkan tekanan darah
·        Mencegah mutasi gen
·        Mencegah osteoporosis pada perempuan pascamenopause.
Jadi, tunggu apa lagi.... inilah saat nya punya cemilan sehat yang ga Cuma “ramping” tapi juga menyehatkan tubuh
Sumber data:
http://female.kompas.com/read/2011/04/13/12203358/Tiru.Kebiasaan.Orang.Jepang.Makan.Kedelai
http://www.soyjoy.co.id/about-soy/benefits/isoflavon/
Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/fruitycuties/4588576998/ -www.superstock.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com