Jumat, 08 April 2011

Soulmate!!!! banget!!!!! si rumput laut Tao Kae Noi!


Dear all,
kalo kalian pernahh nemu makanan soul mate, makanan apakah itu?
Kalo saya baru aja menemukan makanan soulmate ini! Si rumput laut Tao KAe Noi! Sejarahnya kenapa saya bisa nemuin dia adalah pada waktu mengunjungi klien dikasi coba makan rumput laut (padahal selama berpuluh2 tahun ga pernah ada kepikiran makan rumput laut, di sushi aja kadang suka ngerasa aneh) tapi rumput laut yang dikasi coba sma klienku itu enaknya dahsyat bangeT! dia emang belinya di Korea jadi ga usah dibahas deh ya :D


Nah akhirnya jadi berambisi makan rumput laut, dan pas ke Riau Junction (Yogya Riau), menemukan si rumput laut ini, pertamanya beli yang bungkus kecil dulu (yang isinya cuma 1 lembar wkakaka).. ehhhh ternyata enak banget T_T bener2 dehh sampe pengen nangis2 hehehehe... akhirnya hingga sekarang saya ketagihan dan membeli bungkus yang semakin besar dan semakin besar :D :D kalo ga inget itu mengandung vetsin banyak dan harga nya mahal mungkin saya akan mengkonsumsinya setiap hari.. tapi bener lho si rumput laut ini berhasil mencuri hati saya yang tadi nya selalu soul mate-an sama Pringles, sekarang kalah deh.. kalo nonton bioskop or lagi BT lebih milih beli si rumput laut ini :D

Merek yang ini sebenarnya akhir2 ini ada di mana-mana sampai di Alfa Mart aja ada lho! mungkin lagi tenar sekarang.. merk lain juga banyak kalo di supermarket yang jual barang-barang impor, tapi so far blm berani coba yang lain karena takut kecewa :D habis yang ini pas banget sih :D kan soulmate! :p

Sekilas ini supaya lebih kebayang tentang makanan unik bernama rumput laut :)

TENTANG RUMPUT LAUT

Sebagai bahan pangan, rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang dan Cina semenjak ribuan tahun yang lalu. Sebenarnya apa rumput laut itu?. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga, masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed. Tanaman ini adalah gangang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang. Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

Hal tersebut tidaklah mengherankan, karena ternyata rumput laut mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap. Secara kimia rumput laut terdiri dari air (27,8%), protein (5,4%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Selain karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K) dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:

1. Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
2. Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
3. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
4. Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
5. Secara tradisional, rumput laut dipercaya dapat mengobati batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, influenza, dan artritis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com