Sabtu, 16 April 2011

Are you Auntie Anne's favs :D

Haha kalo iya sama donk! Dulu sih waktu kecil sampe ngimpi2 pengen beli ini karena Auntie Anne's ini terkenal enak dan mahal :D dulu kalo beli yang di Taman Anggrek, makanannya bernama pretzels. Apa itu pretzel? Pretzel ini makanan khas makanan Eropa yang dibuat dari tepung dengan membentuk "ring" dan ditaburi berbagai rasa di atasnya setelah dipanggang. Kalau Auntie Anne's punya bentuk yang khas dalam membentuk "ring" tersebut.

Rasanya ada yang plain, ada juga yang dengan wijen, gula dan berbagai variasi lainnya. Rasanya enak :) bisa dibawa untuk cemilan jalan-jalan di mall. Sekarang ini di Jakarta udah ga hafal lagi ada di mana nya, kalo di Bandung ada di PVJ. Mungkin karena di Indonesia kurang populer sejauh ini saya ga tau di mana lagi selain di Auntie Anne's yang jual Pretzels ini :)

Cemilan lain di PVJ bisa cek di sini : http://bit.ly/fVn17H


Sejauh ini saya ga tau bahasa indonesianya Pretzel apaan :D tapi untuk memperjelas pengetahuan kita tentang si kue lucu ini kita simak cerita berikut :

Pretzel adalah sejenis kue yang berasal dari Eropa, kemungkinan besar dari Italia. Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Pretzel ada yang lunak dan ada pula yang keras.
Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" (disebut dengan "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi). Adonan pretzel dibuat dari tepung terigu,air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar.
Pretzel biasanya dilapisi dengan kilapan dan digarami. Pretzel dapat ditemukan dalam beberapa variasi bentuk dan ukuran. Pretzel lunak tradisional kira-kira seukuran sebuah tangan. Kebanyakan pretzel keras adalah hanya tongkat setebal 2-3 mm. Pretzel keras yang setebal 0.8-1.5 cm disebut dengan nama pretzel Bavaria. Di beberapa bagian di Eropa seperti Austria, pretzel tradisional sering mengandung biji jintan bercampur dengan adonan.
Di Amerika Serikat, pretzel adalah kue yang populer, Pennsylvania adalah pusat dari sejarah dan produsen pretzel. Sebuah variasi di Amerika adalah pretzel yang dilapisi yoghurt (atau "wajah hantu"), dengan lapisan tipis yoghurt. Pretzel yang keras juga tersedia dengan permen manis yang berlapis coklat, stroberi, dan berbagai rasa lainnya. Pretzel keras yang dilapisi coklat juga sangat populer, terutama disekitar hari raya Natal. Beberapa kemungkinan lain dalam penyajian adalah dengan mencelupkan pretzel di dalam mustard.

Pretzel umum ditemui di bagian selatan Jerman (SwabiaBaden, dan Bavaria), dan Swiss. Di tempat-tempat itu pretzel sering diiris secara horisontal, diberi mentega, dan dijual sebagai pretzel mentega. Di Bavaria mereka makan pretzel untuk sarapan, dengan saos sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis itu disebut dengan perec. (Sumber : Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com