Minggu, 13 Februari 2011

Udah saatnya suka kacang ijo!

Ada yang ga suka kacang ijo seperti saya? Tapi sayangnya malang sekali nasib kita yang ga suka kacang ijo. Karena kacang ijo punya manfaat yang segudang!

Kacang ijo paling sering diolah menjadi bubur kacang ijo. Dari kecil gw ga suka banget T_T karena rasanya gimana gitu.. ga bisa dinikmati lah pokoqnya... tapi ternyata di balik makanan yang berbau kurang sedap ini tersimpan beribu manfaat.

Sebagai makanan, tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini menghasilkan berbagai masakan. Mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Namun selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi Penting
Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak Rendah
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah tips nya adalah bagi yang ga suka bubur kacang ijo, sebaiknya mulai sekarang tetap makan kacang ijo dengan cara di blender! karena terbukti dengan cara ini kita bisa minum atau menghabiskannya lebih cepat jadi penderitaannya bisa sebentar saja :D dan karena sekarang minum kacang ijo selalu di blender jadi tetap dapat merasakan khasiat nya :D

Selamat mencoba! dan jangan benci kacang ijo yah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you for sharing ^_^

Now We're www.ceritaperut.com